KASIAT JAHE

     
       Hay sahabat, musim hujan tu paling enak apa ya??.... Etttt..ga bolh jorok ya hhiii.... Yang paling enak adalah minum yang anget dan bisa mwnghangatkan badan. Yang anget itu apa?? Wedang jahe. Jahe adalah sejenis tumbuhan umbi yang di tanam dan termasuk palawija. Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena , zingiberol , bisabolena , kurkumen , gingerol , filandarena dan resin pahit. Dan semua yang terkandung di dalam jahe bermnfaat untuk kesehtan dan bisa menghangtkan badan secara alami. Beberapa orang pun ada juga yang tidak suka dengan jahe karena beberapa alasan. Mungkin dari dasarnya mereka tidak suka mkanan atau minuman yang mengandung unsur pedas. Jika mereka tahu apa saja manfaat jahe pasti mereka akan mulai belajar untuk mengkonsumsi umbi yang berbau khas ini.

       Beberapa manfaat jahe untuk kesehatan dan makanan :

  • Mengurangi perut kembung.
ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Dan jahe dapat di gunakan untuk membersihkan saluran pencrnaan dan usus.
  • Melancarkan peredaran darah
Gingerol yang terkandung pada jahe bersifat antikagolan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbanya pembuluh  darah ang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan serangan jantung.
  • Mencegah perut buncit
Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.
  • Menurunkan tekanan darah
jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah yang dapat mengakibatkan darah menaglir menjadi lebih cepat dan lancar dan dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.
  • Mengobati sakit gigi
Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata dapat juga dicegah dengan minum minuman air jahe . Hal ini karena jahe bersifat anti ajmur dan anti bakteri.
  • Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur
Manfaat jahe salah satunya menjaga keteraturan siklus mens bagi wanita. Di negri cina jahe yang kemudian dicampur dengan gula merah dalam teh banyak dikonsumsi untuk mengurangi rasa keram pada saat datang bulan.
  • Membuat tubuh perkasa 
Kandungan senyawa yang terkandung pada jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya efektif untuk membangun otot pada\bagian tubuh seperti otot lengan. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa dapat disimpulkan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat mebantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlrbihan.
  • Obat mabuk perjalanan
Terlebih untuk yang sering mengalami mabuk perjalanan sebaiknay mengkonsumsi minuman jahe. Rempah yang satu ini dapat mengurangi rasa mual juag menyembuhkan jet jag.
  • Mengobati morning sickness
Rasa mual perut kembung dan ingin mutah pada pagi hari termasuk pada wanita yang sedang hamil. Morning sickness dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuhan jahe.
  • Mengangkal radikal bebas
Jahe mengandung antiokidan yang mampu mengatsi efek merusak karena disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh
  • Mencegah timbulnya kanker
Efek jahe ternyta dapat menekan pertumbuhan bebrapa sel kanker seperti mencegah gejala menyebarnya kanker kulit ,pankreas ,kanker ginjal dan gejala kanker paru-paru
  • Mengatsi masalah pernafasan
 Masalah pernafaan yang paling umum didreta adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspektroan alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan dengan mencegah dan menghilangkan lendir. dapat denagn mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan sepetri sedia kala
  • Menghangatkan tubuh 
Sifat jahe yang hanagt dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Sejenis minuman yang sering dinikmati yaitu wedang jahe. Memang sudah menjadi minuman wajib bagi penduduk daerah pegunungan . Selain itu jahe juga memiliki anti virus dan anti toksin denagn membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan amsuk angin.
  • Mengurangi bau amis
Jahe juga sering digunakan sebagai pnghilang bau amis pada masakan. Karena kandungan jahe yang kuat jadi bau amis yang membuat mual bisa berkurang.

       Itu sedikit manfaat jahe yang bisa di peljari. Semoga setelah mengetahui betapa banyak dan bermanfaatnya jahe bagi pobia jahe segera mencoba meminum minuman penghangat ini. Gak kalah hangat dari pelukan kok hehehe. Selamat mencoba!!





0 Response to "KASIAT JAHE "

Post a Comment