BAHAYA TIDAK PEMANASAN SAAT OLAHRAGA

       Hay sahabat, aku gendut ga sih?? iya aku..!! hehhehehee. Lama tidak muncul jadi kangen juga ni nulis hehe. Disini siapa yang suka olahraga?? 80% saya yakin semua suka olahraga apalagi untuk kaum adam, kalau tidak olahraga pasti badan pegel-pegel terus ga semangat betul tidak?? Tetapi kalau olahraga pasti badan terasa segar dan yang pasti fit dan sehat. Macam olahraga pun banyak dari lari, renang, futsal, sampai olahraga ekstrim seperti arung jeram dan panjat tebing. Semua olahraga itu menyehatkan tubuh dan organ yang meliputinya.
       Tetapi tahukah jika olahraga tidak di awali pemanasan?? wow itu sangat bahaya karena tubuh jika kaku akan mudah terkena cidera atau otot ketarik. disini saya akan membahas apa saja dampak dari tidak melakukan pemanasan saat olahraga :

  1.  Mudah terkena cidera. Ketika olahraga tidak didahului pemanasan otot akan kaku dan yang pasti mudah terkena cidera
  2. Keram. Sama halnya cidera, keram akan terjadi jika otot mendadak menerima tekanan ketika dalam kondisi belum siap. Untuk itu pemanasan akan efektif dilakukan.
  3. Mudah lemas. Olahraga tanpa pemanasan membuat badan mudah lemas karena organ dalam belum siap untuk diajak bergerak.
  4. Pusing mendadak. Jika kita olahraga berat seperti lari atau futsal tanpa diawali pemanasan setelah selesai olahraga pasti kepala merasakan pusing yang menyebabkan malas untuk bergerak dan di pakai buat tidur. Itu malah tidak baik dilakukan.
  5. Mual. Ketika kita meraskan mual saat olahraga dan rasa tidak nyman untuk bergerak lagi itu berarti pemanasan yang dilakukan kurang. Untuk itu pemanasan pun bukan untuk otot saja tetapi juga untu organ dalam.
  6. Gerakan jadi kaku. Otot yang belum leluasa untuk diajak bergerak akan menimbulkan gerakan yang kurang luwes karena otot masih normal. Itu bisa saja menimbulkan cidera juga.
  7. Suhu tubuh tidak teatur. setelah olahraga berat kitapasti mengalami suhu tubuh dimana terasa panas dan lama untuk stabil. Mungkin pemanasan yang dilakukan kurang serius. Sehingga untuk menyetabilkan nya butuh waktu yang lama.
  8. Otot tidak lentur. Pemanasan membuat otot kita menjadi lentur dan siap diajak bergerak bebas. Tetapi jika otot kaku akan menimbulkan masalah pada otot juga. Oleh sebab itu pemanasan yang cukup supaya otot lentur.
Nha itulah sedikit pengetahuan tentang bahaya tidak pemanasan saat olahraga. Ibarat kendaraan yang akan diajak pergi jauh tapi tidak dipanasi terlebih dahulu maka mogok lah yang akan terjadi atau sperpart yang akan bermasalah.. Apalagi manusia.hehe
Semoga setelah membaca ini kita jadi tahu betapa pentingnya pemanasan. Semoga bermanfaat ya??




0 Response to "BAHAYA TIDAK PEMANASAN SAAT OLAHRAGA"

Post a Comment