MANFAAT BUAH TALOK

   
 Pernah mendengar buah Kresen?? Atau di tempat anda menyebut apa? Talok atau cery jawa hhee. Buah Talok ini rasanya manis. Buah yang mirip dengan cerry ini biasanya tumbuh di lahan yang lembab. Bahkan kadang pohon ini tumbuh di tembok atau di tempat seperti pot dan vas. Pohon kresen mudah bekembang karena pohon ini seperti fungi atau jamur yang tiba-tiba tumbuh tanpa di tanam. Hebat kan? Buah Talok benar rasanya manis sekali dan jika berbuah pasti dengan jumlah yang banyak karena tanaman ini memang berbuah lebat dan warna yang merah menandakan kalau buah ini matang. Buah ini jarang mengalami pembusukan kaena jika buah ini terlalu matang pasti akan jatuh dengan sendirinya. Dan yang paling menyebalkan jika buah ini jatuh dengan jumlah yang amat banyak pasti membuat tempat sekitar menjadi kotor.

       Tetapi apakah anda tau seberapa manfaat buah Kresen terhadap kesehatan??
Selain menimbulkan masalah karena membuat kotor sekitar buah ini juga mempunyai manfaat yang ga klah dengan buah pada umumnya. Disini saya akan menuliskan beberapa manfaat buah Kresen atau sering di sebut talok jika di jawa :




  1. Mengobati asam urat
  2. Menyembuhkan diabetes. Memang buah ini tergolong manis tetapi manis yang dihasilkan rendah akan glukosa
  3. Meredakan gejala flu
  4. Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencrnaan akibat gastitis dan diare
  5. Sebagai anti bakteri atau antiseptic
  6. mengatasi infeksi
  7. Anti tumor
  8. Menurunkan kadar kolsterol dalam darah
  9. Meredakan sakit kepala
  10. Membunuh mikroba
  11. Meningkatkan daya tahan tubuh
  12. Mengatsi radang
  13. Meredakan dan menyembuhkan batuk
  14. Mengatasi infeksi
       Dan ada lagi selain buah ternyata daun Kresen juga bermanfaat. 

Tanaman buah Talok tidak hanya bermanfaat dibagian buahnya saja tetapi bagian daunnya juga. Daun tanaman kresen juga bisa di olah menjadi teh yang sangat berhasiat bagi kesehatan tubuh. 
Caranya petik daun talok yang masih muda lalu biarkan layu. Setelah itu direbus dan airnya bisa diminum. Dan trnyata buah talok juga bisa di buat menjadi sirup. Dan buah kresek bisa juga dijadikan toping pada kue.
       
       Begitu banyak manfaat buah dan daun Talok maka jika anda mempunyai tanaman ini di rumah jangan ditebang tetapi manfaatkan. Semoga bermanfaat!!!

0 Response to "MANFAAT BUAH TALOK"

Post a Comment