KASIAT MAKAN PETAI

     
       Bau ahhh bau bau ahhh. hehehehe. Istilah yang pasti akan terucap ketika seseorang sedang memakan buah yang sangat terkenal ini hehe. Petai iya buah petai merupakan buah yang sangat identik dengan bau yang sangat (khas) dan mampu membuat pingsan hehe. Petai selalu disantap menggunakan sambal. Rasa sambal itu membuat nikmat karena rasa pete yang membuat masakan yang pedas menjadi nikmat. Tetapi petai dapat menimbulkan bau yang tidak sedap karena asam amino yang terkandung di dalamnya yang mengandung asam suftur.
 
       Tetapi memang dibalik bau yang selalu membuat kesan negatif ternyata mengandung segudang manffat yang baik untuk kesehatan.
Berikut adalah mnafaat petai bagi kesehatan :
Meredakan depresi
Kelebihan pertama pada petai yaitu bisa meredakan deperesi pada seseorang. Ternyata kandungan zat trytpoan yang terkandung pada petai merupakan faktor yang menyebabkan berkurangnya deperesi pada seseorang. Berikut adalah efek yang terkandung ditimbulakn oleh zat trypton :
Membuat tubuh menjadi rileks
Dapat memperbaiki mood dan kondisi emosi seseorang
membuat tubuh terasa menjadi senang
Dapat mengatsi gangguan PMS
PMS biasanya dapat membuat seorang wanita dngan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi pete ini maka akan membantu menstabilkan mood. Hal ini merupakan efek dari trypton. Tidak hanya itu vitamin B1 yang dapat menagtur kadar gula darah  dan juga mengembalikan mood seseorang.

Mencegah terjadinya anemia
Biji petai sendiri ternyata dapat mencegah terjadinya anemia. Hal ini disebabkan kandungan zat besi tinggi yang terkandung dalam petai. Hal yang menyebabkan anemia :
5L (Lelah,Letih , Lesu , Lemas Lulai)
Tubuh terasa tidak bertenaga
Mudah terserang penyakit ringan
Mudah pusing dan mual-mual
Terlihat pucat
Nha dengan mengkonsumsi petai dapat mencegah gejala gejala di atas dan tidak muncul lagi
Menurunkan tekanan darah tinggi
Beberapa penelitian mengtakan bahwa buah petai mampu menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Hipertensi dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :
Mudah marah dan cepat marah
Meningkatkan resiko tersrang penyakit kronis seperti jantung
Mudah lelah
Mengkonsimsi petai dapat menurunkan resiko yang ada pada gejala diatas tertutama hipertnsi. Khasiat ini juga ada pada buah pepaya,mentimun , dan labu siam

Menigkatkan kemampuan kognitif
Ternyata buah petai mengndung kalium yang tinggi sehingga dapat membntu seseorang dalam menigkatkan kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif meliputi:
 kemampuan dalam mengingat
Kemampuan dalam regonisi pola
Kemampuan memperkirakan

Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan
Manfaat petai ini saat dikonsumsi memiliki efek yang dinamakan antasida. Efek ini dapat mengurngi rasa begah kan kekenyangan pada lambung karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan.

Baik untuk kesehatan lambung
Buah petai ternyata sangat bersahabat pada lambung manusia. Meskipun dikonsumsi secara mentah ternyata efek yang dirtimbulkan tidak menimbulkan masalah untuk lambung. karena
 dapat menetralisir asam lambung ,mengurangi iritasi luka pada lambung , mencegah infeksi pada lambung

dapat menurunkan suhu tubuh
Membantu menghentikan kebiasaan merokok
Mencegah seranagn srtoke
Mengandung antioksidan

       Begitu banyaknya manfaat petai bagi tubuh kita hingga kita tidak tau dan malah menghindari mkan petai. Ayo mulai sekarng kita konsumsi petai jangan takut baunya tetapi manfaatnya.

semoga bermanfaat!!

 

0 Response to "KASIAT MAKAN PETAI"

Post a Comment